Tuesday 13 February 2024

6 Rekomendasi Novel Sedih dengan Kisah Menyayat Hati, Bisa Bikin Nangis!

buku-tamanKalian tak perlu bingung saat ingin membaca sebuah kisah sedih. Pasalnya, Indonesia memiliki banyak rekomendasi novel sedih dengan kisah menyayat hati.

Mulai dari kisah aktivis yang ditangkap, cinta yang sulit, hingga nasib buruk perempuan di masyarakat. Peristiwa yang dikemas secara menarik ini bisa kalian temukan dalam daftar rekomendasi novel sedih berikut ini.

Kalian juga bisa memilih judul sesuai tema yang kalian inginkan. Penjelasan singkat cerita dalam rekomendasi novel sedih ini akan mempermudah kalian dalam menentukan pilihan.

1. Laut Bercerita - Leila S. Chudori

Laut Bercerita menjadi salah satu rekomendasi novel sedih yang mungkin akan membuat kalian menangis. Ide novel ini berangkat dari peristiwa sejarah yang terjadi di masa-masa reformasi sekitar tahun 1998. Novel karya Leila S. Chudori ini memiliki dua bagian dan dua sudut pandang.

Pertama, melalui sudut pandang Biru Laut, kalian akan merasakan semangat aktivisme sekaligus kengerian yang terjadi di masa itu. Dia bersama kelompoknya ditangkap dan mendapatkan hukuman secara fisik maupun mental. Sudut pandang kedua milik adiknya, Asmara. Melalui sudut pandang ini, kalian akan merasakan kepedihan sebagai keluarga yang kehilangan anggotanya. Selama bertahun-tahun mereka tak mengetahui di mana keberadaan Biru Laut.

 

2. Sumur - Eka Kurniawan

Selanjutnya, ada rekomendasi novel sedih dari penulis Eka Kurniawan. Novel ini berjudul Sumur dan bercerita tentang sebuah wilayah yang mengalami perubahan iklim. Hal itu berdampak pada kehidupan masyarakat secara langsung. Perlahan, kampung itu pun ditinggalkan karena mengalami kekeringan.

Lebih lanjut, novel tipis ini bercerita tentang kisah cinta Thoyib dan Siti. Kisah yang tragis ini bakal menyayat hati kalian saat membacanya. Perlu kalian ketahui, bahwa novel ini masuk ke dalam nominasi Man Booker International Prize 2016 dan peraih penghargaan Prince Claus Laureate 2018.

3. Di Tanah Lada - Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Jika kalian mencari rekomendasi novel sedih yang menyayat hati, tak ada salahnya untuk membaca Di Tanah Lada karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Novel ini bercerita tentang seorang anak yang dianggap tak berguna oleh orangtuanya. Namanya Slva, anak kecil yang menyimpan luka mendalam lewat KDRT yang dia alami.

Suatu hari, mereka pindah ke sebuah rusun. Dia bertemu dengan seorang laki-laki bernama P. Ternyata dia memiliki nasib buruk yang sama di dalam rumah. Karena rumah menjadi tempat yang menyeramkan bagi mereka, keduanya pun memutuskan untuk berpetualang hingga sampai pada akhir yang mengejutkan.

 4. Kambing dan Hujan - Mahfud Ikhwan

Kambing dan Hujan merupakan rekomendasi novel sedih yang tak boleh kalian lewatkan. Novel karya Mahfud Ikhwan bicara tentang kisah cinta beda aliran, meski sama-sama beragama Islam. Novel ini seolah membuka mata para pembaca bahwa ternyata, perbedaan ormas juga bisa menimbulkan konflik yang cukup rumit.

Kerumitan kisah Fauzia (anak dari Kiai NU) dan Miftah (anak Kiai Muhammadiyah) ini berasal dari perselisihan orangtuanya. Saat membaca, kalian mungkin akan dibuat kagum dengan interaksi para tokohnya dan perang dingin yang terjadi. Meski kisah percintaan tak terlalu tebal, kalian akan mendapatkan ending yang hangat dan mengharukan. Bisa jadi, kalian akan turut menangis tersedu-sedu saat membacanya.

 5. Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan

Sebagai best seller, Cantik Itu Luka juga wajib masuk ke dalam daftar rekomendasi novel sedih. Novel karya Eka Kurniawan ini berkisah tentang nasib perempuan cantik yang hidup di zaman kolonial. Dewi Ayu merupakan wanita keturunan Indo-Belanda yang memiliki jalan kehidupan kelam. Dia dipaksa menjadi pelacur untuk para tentara Jepang.

Kisah panjang dan rumit tentang kekejaman politik, mitologi, hingga petualangan yang begitu epik ini sangat mengalir dan mudah dipahami. Dewi Ayu menjadi sosok ibu yang tak ingin memiliki anak cantik, karena kecantikan hanya membuat keburukan di hidupnya.

 

6. Telembuk: Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat - Kedung Darma Romansha

Kisah biduan dangdut dalam Telembuk membuatnya layak masuk ke daftar rekomendasi novel sedih yang menyayat hati. Nasib buruk benar-benar menimpa gadis itu secara bertubi-tubi. Secara garis besar, novel ini memotret kehidupan masyarakat kelas bawah di daerah pantura.

Safitri, awalnya merupakan gadis yang ceria. Namun, hidupnya langsung berubah setelah suatu malam, dia diperkosa. Orang-orang yang punya power dan seharusnya mengayomi (meskipun tak semua), seperti pemuka agama, anak ustaz, dan pejabat desa justru punya karakter yang jahat di novel ini. Safitri pun kabur dari desa itu dan menjalankan kehidupan yang berat sebagai telembuk atau pelacur hingga jadi biduan dangdut.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi novel sedih dengan kisah menyayat hati. Saat membacanya, bisa jadi kalian akan terhanyut dan menangis karena kisahnya.

No comments:

Post a Comment

Buku Taman: Membangun Jiwa dan Karakter Anak Melalui Kebun Buku

buku-taman  -  Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan imajinasi dan keajaiban. Setiap sudut kehidupan mereka dapat menjadi sumber pembela...